9 Matahari

9 Matahari➵ [Read] ➯ 9 Matahari By Adenita ✤ – Jobs-in-kingston.co.uk MATA HARI Encyclopdia Universalis Danseuse et courtisane, Mata Hari fut l une des plus clbres espionnes de l histoire Accuse de travailler pour le compte de l Allemagne pendant la Premire Guerre mondi MATA HARI Encyclopdia Universalis Danseuse et courtisane, Mata Hari fut l une des plus clbres espionnes de l histoire Accuse de travailler pour le compte de l Allemagne pendant la Premire Guerre mondiale, elle fut excute par les autorits franaises, bien que la nature et l tendue de ses activits fussent incertaines Mata Hari WikipdiaMata Hari, Biographie, matahari, espion, l espionnage Grande Guerre Mata Hari, l espionne qui n en tait pasMatahari by Adenita GoodreadsMatahari book Readreviews from the world s largest community for readersoctobreMata Hari est fusille pour espionnage MATA HARI EpisodeRussian TV Series Mata Hari cannot even imagine what fateful role she is to play in these coming events Watch movies and TV series for free in high quality Explore a great collection of documentaries The best. Buku untuk materi siaran tanggal 23 Maret 2009.23 3 2009 20352 0 3 5 1010 Matahari Nggak, saya lebih suka angka 9 daripada angka 10, jadi 9 Matahari saja ya. mulai maksa bin nggak nyambung mode on Matari Anas punya cita cita ingin meraih gelar sarjana Apa daya, kendala ekonomi menjadi persoalan utama Maklum, biaya pendidikan di Indonesia sangatlah mahal Tapi tekadnya sudah kuat dalam bahasa saya sih nekat untuk kuliah di Bandung, Ilmu Komunikasi Buku untuk materi siaran tanggal 23 Maret 2009.23 3 2009 20352 0 3 5 1010 Matahari Nggak, saya lebih suka angka 9 daripada angka 10, jadi 9 Matahari saja ya. mulai maksa bin nggak nyambung mode on Matari Anas punya cita cita ingin meraih gelar sarjana Apa daya, kendala ekonomi menjadi persoalan utama Maklum, biaya pendidikan di Indonesia sangatlah mahal Tapi tekadnya sudah kuat dalam bahasa saya sih nekat untuk kuliah di Bandung, Ilmu Komunikasi jalur yang dipilih Pinjam sana sini, terkumpullah modal kuliah yang dicukup cukupkan untuk bisa berangkat ke Bandung dan kuliah Di Bandung, kendala finansial tak juga teratasi, kerja paruh waktu hanya bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari hari, biaya kuliah memaksa jumlah hutang semakin bertambah, menumpuk Para penagih hutang datang, terusir dari tempat kos karena menunggak, ditambah masalah keluarga membuat Matari jatuh sakit, stress, depresi, hingga berusaha bunuh diri hehehe..bahasanya dangdut banget ya.Akhirnya, Matari bisa mewujudkan impiannya jadi seorang sarjana meski masih menyisakan hutang dalam jumlah yang cukup banyak Tapi masalah masalah yang dihadapinyalah yang membuat dia bertemu dengan orang orang yang tepat untuk membantunya dalam pembentukan karakternya, menjadi matahari yang menjadi penerang keluarga dan lingkungannya Matari ingin menjadi 9 Matahari yang ingin selalu berproses menuju kesempurnaan dalam menerangi orang orang disekitarnya, terlebih keluarganya.Biaya sekolah yang mahal memang menjadi kendala bagi kalangan menengah ke bawah untuk mengenyam pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi Biaya pendaftaran, uang SPP, uang gedung, uang buku, serta pungutan pungutan lainnya membuat orang tua meringis Padahal, biaya hidup yang semakin melonjak telah lebih dulu membuat pusing Banyak anak anak yang putus sekolah dan terpaksa menjadi buruh pabrik, pengamen, pengemis, dan pekerjaan kasar lainnya, bahkan ada yang sampai nekat bunuh diri karena tidak ingin menyusahkan orang tuanya dalam masalah biaya pendidikan Bahkan ketika punya kesempatan untuk sekolah, fasilitas sekolah yang sangat tidak memadai masih saja menggoda Gedung sekolah yang rubuh, meja kursi yang reot, ruang kelas yang tidak mencukupi untuk menampung jumlah murid yang segambreng, kekurangan guru, kadang gurunya ada tapi kurang berkualitas, dan masih banyak masalah lagi Bahkan di Malang, siswa siswi sebuah sekolah harus tarik tarikan kursi dengan pengrajin yang bermaksud menyita kursi kursi sekolah yang belum dilunasi pemerintah kabupaten setempat Tidak heran jika pengangguran bertambah karena tersandung tingkat pendidikan serta keahlian dan keterampilan yang tidak memadai Maklum di negeri ini, gelar masih menjadi jaminan mutu Padahal kan gelar bisa dibeli, iya toh Atas masalah ini, pemerintah ada dimana Tenang, ada kok Di APBN 2008, anggaran pendidikan sudah mencapai 15.6% meskipun Undang Undang mengamanatkan 20% Tapi, seharusnya sih bisa tercukupkan seandainya dana pendidikan tersebut tidak bocor, mungkin karena terlalu banyak pos yang harus diisi, akhirnya rakyat juga yang jadi korban Ada juga yang namanya BOS Biaya Operasional Sekolah yang sepertinya tidak juga banyak membantu Padahal, ada kebijakan WAJIB BELAJAR 9 TAHUN DIWAJIBKAN kok.HARUS BAYAR sihhh Seperti janji janji kampanye pilkada beberapa waktu lalu yang ingin menggratiskan biaya sekolah, kok tidak kedengaran lagi setelah masa pilkada lewat Belum lagi dengan munculnya UU BHP Badan Hukum Pendidikan tahun lalu yang mendapatkan protes keras dari kalangan mahasiswa Katanya sih, BHP ini membuka kesempatan untuk mengkomersialisasikan pendidikan Makin mahal dong.kalau sudah berhubungan dengan komersialisasi, biasanya akan berhubungan juga dengan mekanisme pasar Selanjutnya, ya terserah pasar Walaupun beberapa pihak mengatakan kalau BHP ini malah akan meningkatkan profesionalisme guru Tapi kalau biaya pendidikan makin mahal, ya sama saja Tapi, sudahlah agitasinya disudahi saja Semoga dengan naiknya anggaran pendidikan di APBN 2009 menjadi 20%, bisa membuat rakyat dari kalangan bawah mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi Dan, cukuplah Matari saja yang berhutang untuk meraih gelar sarjananya, hehehe PEACE, Matari the fighter Membaca buku 9 Matahari karya Adenita ini, cukup melelahkan buat saya Ceritanya dari awal sampai akhir terasa datar datar saja Meskipun ada intrik intrik di dalamnya, tapi kurang di hiperbola sehinga membuat letupan letupan halllahhhh, malah saya yang hiperbola Tema ceritanya mirip dengan Laskar Pelangi, jalan ceritanya juga dibuat dalam mozaik mozaik seperti dalam Laskar Pelangi Terus, beberapa nama samaran yang digunakan kok terdengar jadul ya Seperti nama kampus, nama radio Kenapa tidak menggunakan nama yang sebenarnya Bagi yang tidak merasakan perjuangannya Matari, cerita ini mungkin akan menjadi sesuatu yang mengagumkan, ya memang mengagumkan sih Tapi berhubung saya juga pernah kuliah sambil kerja, ehhh apa kerja sambil kuliah ya, kisah ini jadi terasa biasa biasa saja Saya tidak sampai berhutang lho karena saya lebih mengutamakan sisi rasional daripada emosional, HARAP DICATAT DTapi bagaimana pun juga, 9 Matahari bisa memberikan inspirasi buat pembacanya, terutama buat anak anak manja yang menyia nyiakan kesempatan kuliahnya hehehe baca deh, mungkin jadi malu dan terinspirasi untuk segera menyelesaikan sekolah atau kuliahnya Tenang, tenang, jangan emosi bang, ucapkan selamat membaca saja Saya terpaku, sejenak setelah saya menamatkan 9 Matahari Pipiku mulai basah oleh butiran butiran bening Memori saya terlempar pada kejadian 5 tahun yang lalu.Ya Allahini rangkaian kisah yang pernah saya lalui dulu9 MatahariSebuah novel karya Adenita yang bercerita tentang perjuangan seorang gadis bernama Matari untuk bisa terus melanjutkan kuliah di tengah kesulitan ekonomi Semangatnya yang berdarah darah untuk bisa menuntut ilmu di bangku kuliah membuatnya harus pontang panting mencari Saya terpaku, sejenak setelah saya menamatkan 9 Matahari Pipiku mulai basah oleh butiran butiran bening Memori saya terlempar pada kejadian 5 tahun yang lalu.Ya Allahini rangkaian kisah yang pernah saya lalui dulu9 MatahariSebuah novel karya Adenita yang bercerita tentang perjuangan seorang gadis bernama Matari untuk bisa terus melanjutkan kuliah di tengah kesulitan ekonomi Semangatnya yang berdarah darah untuk bisa menuntut ilmu di bangku kuliah membuatnya harus pontang panting mencari nafkah demi kelangsungan hidup dan impiannya.Sungguh novel yang indah, inspiratif dan sarat akan makna.Beberapa kisah Matari adalah de javu kehidupan saya di penghujung tahun 2005 Ketika saya dihadapkan pada konflik yang sama Semangat saya yang sempat menggebu gebu untuk bisa bertahan di bangku kuliah akhirnya harus terpatahkan oleh keterbatasan biaya Kala itu hancur remuk segala asaku Hingga saya tak berani lagi untuk bermimpi Cukup sudah, pikirku saat itu Saya merasa seluruh perjuangan saya sia2 Hingga akhirnya waktu mampu mengobati lukaku dan aku bisa kembali berdiri dan bermimpi hingga saat ini.Tapi Matari beruntung banget Dia punga kegigihan dan semangat yang luar biasa hebat dalam mengatasi segala kendala dan menyikapi segala permasalahan Hingga dia mampumeraih impian dan cita citanya.Berbahagialah kalian yang bisa kuliah tanpa harus pontang panting mencari biaya, jangan sia siakan segala fasilitas yang ada teruslah belajar dan berkarya Bagi Matari Matari lain di luar sana especially for my little sister tetap semangat dan terus berjuang, jangan pernah menyerah dan putus asa.The things always happens that you really belive in, and the belief in a thing make it happen. Pertama kali melihat novel ini saya jatuh cinta dengan covernya merah menyala dengan tulisan 9 matahari Penasaran dengan cerita yang akan disajikan oleh Adenita Novel ini bercerita tentang perjuangan seprang mahasiswi untuk kuliah di tengah himpitan ekonomi Ya, semacam jamur yang tumbuh di musimnya, buku ini muncul saat buku buku tema pendidikan menjamur setelah Laskar Pelangi laris manis di lapangan.9 Matahari menyuguhkan kisah yang akrab di telinga kita Kisah perjuangan gadis yang jatuh b Pertama kali melihat novel ini saya jatuh cinta dengan covernya merah menyala dengan tulisan 9 matahari Penasaran dengan cerita yang akan disajikan oleh Adenita Novel ini bercerita tentang perjuangan seprang mahasiswi untuk kuliah di tengah himpitan ekonomi Ya, semacam jamur yang tumbuh di musimnya, buku ini muncul saat buku buku tema pendidikan menjamur setelah Laskar Pelangi laris manis di lapangan.9 Matahari menyuguhkan kisah yang akrab di telinga kita Kisah perjuangan gadis yang jatuh bangun harus membiayai kuliahnya sampai akhirnya berhasil.Cerita yang mungkin kesannya biasa, tapi percayalah banyak pesan saat kau membaca buku ini.Kisah dan alurnya bagus, tapi kurang greget Ceritanya datar kurang bergejolak dan membuat pembaca tergoda melompati beberapa bagian langsung ke akhir cerita Itulah kenapa saya hanya memberi rating 2 untuk buku ini Kurang greget begitu saya menyebutnya Bagaimana dengan anda Buku, seperti halnya manusia, hal pertama yang biasanya berhasil merayu hati untuk lebih mengenal adalah penampilannya Selain judul dan pengarang, juga resensi dari pembaca sebelumnya, yang biasanya menerbitkan seleraku untuk membawanya pulang dari rak di toko buku adalah kaver dan endorsement Nah, dua hal inilah yang menjadi motivasiku mengajak 9 Matahari ke rumah Kavernya cantik, sederhana, dan elegan Membaca halaman belakang, bertambah takjublah aku dengan paragraph paragraf endorsement d Buku, seperti halnya manusia, hal pertama yang biasanya berhasil merayu hati untuk lebih mengenal adalah penampilannya Selain judul dan pengarang, juga resensi dari pembaca sebelumnya, yang biasanya menerbitkan seleraku untuk membawanya pulang dari rak di toko buku adalah kaver dan endorsement Nah, dua hal inilah yang menjadi motivasiku mengajak 9 Matahari ke rumah Kavernya cantik, sederhana, dan elegan Membaca halaman belakang, bertambah takjublah aku dengan paragraph paragraf endorsement dari para publik figur yang bertebaran Wah, jaminan buku bagus nih, batinku yang kemudian tak ragu menggerakkan tangan mencomotnya satu Satu hal yang tak kupertimbangkan, yang biasanya kulakukan, aku membaca resensi atau sekedar komentar dari pembaca sebelumnya, atau jika perlu membuka sampul plastik dan membaca beberapa paragrafnya secara acak Dua kebiasaan itu entah mengapa tak kulakukan yang kemudian berbuah penyesalan Penyesalan Ya Karena harapanku yang melambung akan buku ini justru kandas di halaman halaman awal.Tema utama yang diusung buku ini adalah perjuangan seorang gadis untuk mencapai mimpinya menjadi seorang sarjana Berasal dari keluarga yang terpuruk secara ekonomi sejak pencari nafkahnya keluar dari pabrik tempatnya bekerja tak membuat Matari Anas, demikian nama tokoh itu melepaskan mimpinya Segala cara ditempuh, termasuk hutang untuk melanjutkan sekolahnya itu Ketika akhirnya dia berhasil diwisuda, hutang atau investasi demi kuliahnya itu mencapai 70 juta Nilai yang teramat besar dan nyaris tak masuk akal bagaimana dia berhasil memenejnya untuk menghindari para penagih dan gali lubang tutup lubang setiap hari, setiap bulannya.Novel ini terdiri dari 40 bab yang termasuk prolog dan epilog berdiri sendiri, tak saling berkaitan Inilah yang membuat novel ini lemah, mudah sekali untuk diletakkan sebelum selesai dibaca Selain bahasanya yang membosankan, nyaris tak ada konflik di novel ini Datar Membaca novel ini kita seolah membaca diary, biografi atau apapun istilahnya dari si pengarang itu sendiri Sayangnya, entah mengapa, seolah ada jarak antara pembaca dalam ini saya dengan si tokoh Yang sedikit kuat di cerita ini adalah settingnya yaitu kota Bandung Sayangnya, itu juga jadi nilai minus saat digabungkan dengan nama nama universitas, atau apapun yang coba tengah disamarkan penulis namun terbaca jelas jejaknya oleh pembaca Jadinya lucu dan wagu Alangkah indahnya jika si penulis menuliskan dengan benar nama nama televise, universitas tempat dia meraih sarjananya itu, atau apapun yang coba dia samarkan Toh, tidak ada unsur penghinaan atau maksud menyinggung pihak pihak di dalamnya Mungkin dengan begitu akan terasa lebih hidup.Tentang editing, ada dua salah ketik yang saya temui yang sepertinya remeh tapi cukup mengganggu Apalagi salah ketik itu salah satunya saya temukan justru di awal membacanya yaitu di Ruang Bersyukur yang ditempatkan di bagian belakang, di halaman 354.Membaca buku ini saya teringat Epigram karangan Jamal Temanya nyaris serupa yaitu perjuangan idealisme tokoh aku Sebuah usaha yang bagus untuk memberi pencerahan pada pembaca, hanya caranya kelewat membosankan seolah tokohnya berjarak dari dunia nyata Sempat terlepasnya idealisme si tokoh kurang tergali secara emosional sehingga yang tampak di permukaan adalah genggaman yang senantiasa erat, tak tergoyahkan oleh apapun rintangan di depan Kataku, terlalu sempurna.Yang mungkin membuatku lebih rasional dan kurang berempati eufimisme dari sinis pada perjuangan si tokoh adalah karena aku pernah juga merasakan sebagai mahasiswi yang juga pekerja plus calon ibu dengan bayi di kandungan Sebelumnya, merantau lintas propinsi selepas SMP tanpa sanak keluarga yang bisa dijadikan tumpuan di tanah harapan.Apapun itu, selamat buat Matari atau Adenita yang akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya Good job Hanya, akan lebih indah kalau lain kali novel semi biografinya lebih didramatisasi Tanah Baru, 09 01 10 Oke, 2.5 bintang Ada tiga hal yang membuat saya tertarik untuk membeli dan kemudian membaca buku ini Pertama, cap best seller di cover depan buku beserta embel embel nominasi finalis muda terbaik pada salah satu lomba bergengsi di tanah air, dan yang terakhir komentar komentar dari orang orang terkenal di cover belakang buku ini Saya baca sekilas sinopsisnya pun cukup menarik, ekspektasi saya tinggi, saya berharap saya bisa mendapatkan novel motivasi semacam laskar pelangi atau negeri 5 menar Oke, 2.5 bintang Ada tiga hal yang membuat saya tertarik untuk membeli dan kemudian membaca buku ini Pertama, cap best seller di cover depan buku beserta embel embel nominasi finalis muda terbaik pada salah satu lomba bergengsi di tanah air, dan yang terakhir komentar komentar dari orang orang terkenal di cover belakang buku ini Saya baca sekilas sinopsisnya pun cukup menarik, ekspektasi saya tinggi, saya berharap saya bisa mendapatkan novel motivasi semacam laskar pelangi atau negeri 5 menara Belum lagi saat itu, saya membaca status adik kelas di facebook yang mengutip sepenggal kalimat dari novel ini, cukup memotivasi memang.Tapi, ternyata isinya tidak seperti yang saya harapkan Saya merasa seperti membaca diary si penulis, karena novelnya sangat sangat deskriptif dan naratif Ya kali, kalau novel kayak Princess Diary nya Meg Cabot mah lain cerita Agak membosankan, belum lagi penulis mencoba menyamarkan nama nama universitas di Bandung, dengan menyarukan nama aslinya, tapi tetap aja ketebak sama pembaca, ya maksudnya saya, dan it sounds really lame. Kenapa gak pakai nama asli aja toh yang diceritakan juga yang baik baik kan Latar belakang si tokoh utama juga agak mirip sama penulisnya, saya jadi curiga jangan jangan si tokoh utama ini alter ego nya penulis hihihiiAnyway, terlepas dari alur yang membosankan, novel ini juga syarat pesan dan makna Terlihat, dari cara penulis yang berusaha menanamkan bahwa energi positif itu sangat penting well, mirip mirip konsep the secret lah p Trus, perjuangan si tokoh utama untuk lulus kuliah juga hebat sih, tapi ada beberapa cerita yang saya temukan agak sedikit kontradiktif, seperti misalnya si tokoh utama mengatakan bahwa dia anak yang biasa biasa ajah, tapi di satu bagian, dia bercerita bahwa dia saat SD dia selalu juara kelas, dan saat SMP atau SMA pernah memenangkan perlombaan perlombaan yang cukup bergengsi, entah maksud penulis mencoba merendah kali yah p atau mungkin karena perjalanan hidupnya yang benar benar berat, secara materi dan finansial, yang kemudia menjadikannya seperti itu Well, apapun itu, buku ini walau membosankan tapi tetap layak untuk dibaca Baru baca buku ini karena pinjem dari temen Dan .Membaca buku ini sungguh melelahkan sehingga saya melewati beberapa bagian dari buku ini Ceritanya datar and a bit common Memang sedikit memberi motivasi buat mahasiswa yang kuliahnya leha leha tapi menurut saya banyak orang ko yang mengalami apa yang dialami Matari Hanya saja menurut saya matari terlalu mempertahankan idealisme dia Menurut saya penulis di buku ini seperti menceritakan kehidupan dia, dijalan yang dia mau.contoh saat dia Baru baca buku ini karena pinjem dari temen Dan .Membaca buku ini sungguh melelahkan sehingga saya melewati beberapa bagian dari buku ini Ceritanya datar and a bit common Memang sedikit memberi motivasi buat mahasiswa yang kuliahnya leha leha tapi menurut saya banyak orang ko yang mengalami apa yang dialami Matari Hanya saja menurut saya matari terlalu mempertahankan idealisme dia Menurut saya penulis di buku ini seperti menceritakan kehidupan dia, dijalan yang dia mau.contoh saat dia mendapat tawaran MC menggantikan seniornya dengan bayaran yg lebih tinggi dari gajinya sedangkan besok UTS tapi bahannya banyak Sebenarnya kalau dia bilang dia pintar, dia tidak mungkin belajar SKS alias sistem kebut semalam, dia pasti tidak menumpuk pekerjaannya dan lebih memilih tetap berhutang walaupun dia ada kesempatan untuk membayarnya tanpa mengorbankan UTSnya karena dia sudah belajar jauh jauh hari Jadi penulis pengennya matari terlihat idealis sebagai anak yang pandai lebih memilih belajar daripada bayar hutang Tapi kalau kita bisa melakukan keduanya kenapa tidak karena membayar hutangpun merupakan sebuah KEWAJIBAN bagi yg berhutang.Akh, sebetulnya banyak yang saya tidak mengerti dengan jalan pikiran matari yang terlalu idealis dan tidak realistis jadi ceritanya menurut saya terlalu maksa untuk membentuk sosok matari sebagai seseorang yang idealis, pintar, multitalented, tapi dibuat berkontradiksi maksa dengan hutangnya dan keluarganya tapi hutangnya seperti ghaib karena dia tidak pernah berusaha jauuuhhh lebih keras membayar hutangnya Sekarang banyak kok mahasiswa yang walaupun kuliah reguler tapi bisa menghasilkan duit dengan mencari peluang misalnya berjualan dikelas. Ini cuma opini saya loh. sorry kalau banyak judgement Novel ini menceritakan perjuangan seorang Matari Anas alter ego Adenita yang berusaha menjadi seorang sarjana dengan cara apa pun, termasuk berhutang.Saya tertarik membaca buku ini karena covernya yang bagus dan endorsement yang luar biasa di bagian belakang bukunya Ada nama menteri segala Bpk Hatta Rajasa Tapi kok gak ada ringkasan ceritanya ya Kesannya jadi cuma mengandalkan iklan aja.Bagian awal buku ini menceritakan perjuangan Matari masuk ke universitas dan masalah masalah yang dih Novel ini menceritakan perjuangan seorang Matari Anas alter ego Adenita yang berusaha menjadi seorang sarjana dengan cara apa pun, termasuk berhutang.Saya tertarik membaca buku ini karena covernya yang bagus dan endorsement yang luar biasa di bagian belakang bukunya Ada nama menteri segala Bpk Hatta Rajasa Tapi kok gak ada ringkasan ceritanya ya Kesannya jadi cuma mengandalkan iklan aja.Bagian awal buku ini menceritakan perjuangan Matari masuk ke universitas dan masalah masalah yang dihadapinya Sebenarnya bagian awal dari buku ini cukup menarik untuk dibaca, namun sayang begitu masuk ke bagian tengah kualitasnya menurun drastis.Banyak banget cerita yang nampaknya diadaptasi dari kisah nyata tapi proses adaptasinya kurang baik, sehingga kesannya cuma ditempel aja ke cerita utama Transisi cerita dari kuliah CTV itu juga jelek banget, kesannya gak nyambung gitu, maksa dimasukin.Ditambah lagi dengan banyaknya paragraf yang kesannya teoritis banget, kesannya jadi gak kaya lagi baca novel fiksi Sayang ya, menurut saya novel ini gak bisa dapat nilai sembilan Impianku oh aku sudah memberikannya nyawa Aku menghidupkannya dalam hari hariku Ketika membuka mataku saat mengawali hari, aku menyapanya Seperti aku menyapa matahari Ketika beraktivitas, aku biarkan dia menyelusup ke dalam hatiku, mengintip perasaanku, dan membiarkannya berteriak bahwa ia menungguku Aku meletakkannya dalam takhta tertinggi di pikiranku Mengalirkan lewat darahku Membiarkan semua partikel dalam tubuhku merasakan sensasinya Aku biarkan tanganku meraba sebentar seperti a Impianku oh aku sudah memberikannya nyawa Aku menghidupkannya dalam hari hariku Ketika membuka mataku saat mengawali hari, aku menyapanya Seperti aku menyapa matahari Ketika beraktivitas, aku biarkan dia menyelusup ke dalam hatiku, mengintip perasaanku, dan membiarkannya berteriak bahwa ia menungguku Aku meletakkannya dalam takhta tertinggi di pikiranku Mengalirkan lewat darahku Membiarkan semua partikel dalam tubuhku merasakan sensasinya Aku biarkan tanganku meraba sebentar seperti apa wujudnya Merasakan setiap detail keindahannya Aku biarkan hasratku berkembang pesat.Tumbuh tumbuh menjulang tinngiMenyentuh langit, mendekati matahariImpianku seperti pohon yang menjulang tinggi Puncaknya menembus awan Tapi akarnya menancap tanah Aku membiarkan impianku itu tertanam jauh dalam hatiku Ragaku ada di bumi, tapi kubiarkan jiwaku melesat, bersamanya jauh kuikuti ke mana pun ia bermain.Terbang terbanglah melayang tinggi Seperti layang layang yang diulur dan menari di atas sanaKubiarkan dirimu meliuk dilihat semua mata sampaikan bahwa aku ada I think everyone who read the list of important figures who recommend this book will eventually be convinced to buy this book Some legit names could be found in the back cover of this book with their long words of recommendation I fell for that.The story is about a girl who work really hard to continue her study despite her hard financial situation The idea isn t bad, just a bit common, but i believe that even an inane idea have potential to be developed to a great story, it s just the matter I think everyone who read the list of important figures who recommend this book will eventually be convinced to buy this book Some legit names could be found in the back cover of this book with their long words of recommendation I fell for that.The story is about a girl who work really hard to continue her study despite her hard financial situation The idea isn t bad, just a bit common, but i believe that even an inane idea have potential to be developed to a great story, it s just the matter how the writer nurture it I gave props to the writer because it seems this story is a semi autobiography, but i am sorry i really couldn t bring myself to finish this book At times, the story become unfocused and roaming into several other things that actually have nothing to do with the main plot I found some inconsistencies here and there, and i reached this point where i have no willpower left in me to continue read this book novel motivasi yang cukup memotivasi, hehe di mata saya lebih terlihat seperti pengalaman nyata sang penulis apa emang iya karena terkadang ada bagian yang diceritakan sangat detail, padahal ga penting menurut saya, p keseluruhan, bukunya bagus dan asyik dibaca apalagi novel ini sebagian besar berlatarbelakangkan kampus saya ups saya jadi mengingat kembali semangat saya untuk berkuliah, diingatkan untuk bersyukur akan kemudahan pendidikan yang telah saya dapatkan selama ini cocok buat an novel motivasi yang cukup memotivasi, hehe di mata saya lebih terlihat seperti pengalaman nyata sang penulis apa emang iya karena terkadang ada bagian yang diceritakan sangat detail, padahal ga penting menurut saya, p keseluruhan, bukunya bagus dan asyik dibaca apalagi novel ini sebagian besar berlatarbelakangkan kampus saya ups saya jadi mengingat kembali semangat saya untuk berkuliah, diingatkan untuk bersyukur akan kemudahan pendidikan yang telah saya dapatkan selama ini cocok buat anak kuliah atau akan kuliah untuk jadi refleksi diri